Problem-Problem E-mail dan Cara Mengatasinya

Di jaman yang serba cepat saat ini hampir seluruh orang memanfaatkan fitur mail server sebagai aktivitas pengiriman dan penerimaan email. Anda dapat menggunakan fitur email ini dengan memanfatkan penyedia layanan email gratis seperti google mail, yahoo mail, outlook mail atau bahkan dengan domain anda sendiri dengan menyewa layanan hosting.

Disamping kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan tidak dapat dipungkiri bahwa anda dalam beberapa momen mungkin anda mendapatkan pesan error berupa bounce back yang menandakan email tidak terkirim yang dapat menjengkelkan.

Maka hal tersebut penulis akan memberikan contoh dari macam-macam pesan error dari bounce back pada email yang biasa ditemui dan cara mengatasinya sehingga anda secara cepat dan tepat tahu aksi yang perlu dilakukan.

  • Server Busy

Error ini mengindikasikan adanya kepadatan traffic pengiriman email pada waktu tersebut yang menyembabkan antrian, anda dapat mengirimkan kembali email tersebut pada waktu lainnya.

  • Connection Time Out
Connection Time Out

Error ini mengindikasikan pada port smtp/smtps pada mail server tujuan berstatus closed, anda dapat mencoba melakukan test telnet ke port smtp alamat tujuan dan apabila tidak terhubung anda dapat menghubungi email pihak tertuju

  • Email Does Not Exist
Email Does Not Exist

Error ini mengindikasikan akun email tujuan tidak ada atau ada kesalahan pada penulisan alamat email tujuan.

  • Terblok oleh RBL (Blocked by Email Reputation Service)
Terblok oleh RBL (Blocked by Email Reputation Service)

Error ini mengindikasikan adanya pengeblokan IP mail server oleh RBL yang diakibatkan IP tersebut sudah terindikasi melakukan spam atau abuse lainnya. Anda dapat memastikan tidak adanya tindakan abuse dan melakukan request whitelist pada RBL yang melakukan blocklist

  • Suspicious Due to The Nature of The Content
Suspicious Due to The Nature of The Content

Error tersebut didapatkan apabila adanya indikasi pengiriman ke gmail dimana email yang dikirim terblacklist karena terdapat konten yang tidak sesuai policy gmail. Untuk mencegah hal tersebut kiranya dapat dipastikan konten dari pengiriman email yang tidak menyalahi policy dari gmail https://support.google.com/mail/answer/188131

  • Domain Must Resolve
Domain Must Resolve

Error tersebut mengindikasikan pada domain email tujuan yang belu resolve (sedang dalam masa propagasi). Anda dapat menunggu email tersebut untuk resolve dimana waktu resolve domain tersebut membutuhkan waktu maksimal 1×24 jam.

  • Message Size Exceeds Fixed Limit
Message Size Exceeds Fixed Limit

Error tersebut mengindikasikan ukuran total email dalam satu pengiriman melebihi batas layanan Neo Shared Hosting tentukan (maksimal 15 MB). Anda dapat menyesuaikan ukuran total email kembali agar tidak melebih ukuran yang ditentukan.

  • Message Does Not Have Authentication Information
Message Does Not Have Authentication Information

Error tersebut mengindikasikan email anda belum memiliki record SPF dan DKIM pada domain sebagai autentikansi. Anda dapat melakukan penambahan record SPF dan DKIM pada domain terkait terlebih dahulu.

  • Rate Limit
Rate Limit

Error ini mengindikasikan adatanya rate limit dari sisi penerima . Anda dapat mengirimkan email ulang kembali pada waktu berikutnya

Selesai apabila anda menemukan error email lain silakan anda dapat menanyakannya pada kolom komentar dibawah ya…..

I Hear and I Forget
I See and I Remember
I Do and I Understand

Confucius

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *